Total Tayangan Halaman

Selasa, 16 Agustus 2011

BLOCK DESIGEN


BLOCKING

A.     UKURAN BLOCK DESIGN
Pengertian Block design disini adalah pekerjaan penentuan ukuran block standard / normal yang dipakai sebagai dasar dalam pembangunan kebun. Block Standard / normal yang dimaksud adalah block yang berbentuk kotak persegi. Semua block “harus” diupayakan berbentuk persegi. Pengecualian hanya diijinkan bila lokasi bergelombang / berbukit. Luas Block Normal yang dipakai adalah 30 Ha namun luas dari HGU yang ada biasanya 30,97 ha karena 0,97 ha digunakan sebagai jalan blok tersebut.
1.      Ukuran Block standard / normal yang dipakai adalah ;
Lebar                :     300 M
Panjang             : 1.000 M
2.      Mencari Ha Jalan BLOK
Panjang jalan CR  = 1000 m
Lebar  jalan      CR  = 7 m
Ha Jalan  CR =  1000 x 7 m
                           10.000 m
                      = 0,7 Ha
Panjang Jalan MR  = 300
Lebar jalan MR       =  9 m
Ha jalan MR          = 300 x 9 m
                                   10.000 m
                                = 0.27 Ha

B.     RINTIS BLOCK
Pengertian Rintis Block adalah pekerjaan penentuan lokasi jalur lebar dan panjang block dilapangan.
Posisi ukuran Block adalah sbb :
·        Lebar       ---- > arah utara  -- selatan
·        Panjang   ---- > arah timur - barat
Penentuan jalur block di lapangan dimulai dengan mengambil titik koordinat sesuai ijin lokasi yang dimiliki. Titik koordinat ini tentunya sudah dimasukkan dalam peta rencana block design sebagai titik awal bagi Team Rintis. Dari titik awal ini Team mulai membuat jalur “rintisan”.  Jalur rintisan ini juga berfungsi sebagai batas block, sebagai dasar semua pekerjaan pembangunan kebun (land clearing, tanam dll). Jalur Rintisan dibuat lebar 1,5 s.d 2 meter. Jalur rintisan harus bebas semak dan anak kayu. Semua pohon diameter < 7,5 cm yang berada “garis koordinat” di jalur rintisan harus ditebang. Apabila “garis koordinat” di jalur rintisan tepat mengenai pohon > 7,5 cm yang sulit ditebang, maka  pohon tetap dibiarkan tegak, garis koordinat harus dibuat patok bantu agar jalur tidak bergeser.
Pada setiap persimpangan block (titik pertemuan 4 blok) dipasang patok kayu Ǿ  7,5 cm dan diberi warna merah. Tinggi patok 1,8 meter dimana tertanam ± 30 cm dan sisanya (1,5 m) tegak diatas tanah. Sebelum diberit cat merah, kulit kayu harus dikupas dan dibiarkan mongering getahnya, baru dioles cat. Kayu patok mengunakan kayu yang ada di sekitar lokasi. Bagian yang dicat adalah keliling kayu setinggi 20 cm dari sisi atas. Untuk jaur rintisan , setiap jarak 40 – 60 meter juga diberi patok yang diberi cat. Patok terbuat dari kayu di sekitar lokasi ukuran Ǿ  2-5 cm. Tinggi patok 1,8 meter dimana tertanam ± 30 cm dan sisanya (1,5 m) tegak diatas tanah Kulit kayu pada posisi cat harus dikupas terlebih dahulu dan ditunggu hingga getahnya mengering baru dioles cat. Jarak patok bantu bisa diperpendek sesuai/menyesuaikan lokasi kerja. Bagian yang dicat adalah keliling kayu setinggi 20 cm dari sisi atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar