Total Tayangan Halaman

Selasa, 16 Agustus 2011

MEMBUAT JALAN CR & MR


“Membuat Jalan Collection & Main Road
Land clearing
PT. Kiara Sawit Abadi 2
Edho parido
    
DSC00773.JPG


[Makalah ini dibuat guna syarat melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) / MAGANG di PT. Kiara Sawit Abadi (KSA) 2  sebagai bekal yang didapat dikebun untuk di bawa ke ranah kampus yang akhirnya dilakukan pembuatan laporan magang]










MEMBUAT JALAN 
COLLECTION ROAD DAN MAIN ROAD (mineral)

Setelah rintis blok selesai dilakukan kemudian barulah alat berat masuk untuk membuat jalan sesuai rintisan yang telah di buat tersebut. Jalan ini dibuta oleh alat berat jenis dozer (bulldozer) dengan ketentuan jalan  yang dibuat pada areal / tanah kering yang dapat dikerjakan dengan alat bulldozer ( dozer ). Jenisnya bisa jalan poros, jalan transport, maupun jalan collection. Ketentuan spesifikasi jalan dozer adalah sebagai berikut :
a.       Badan jalan harus dibersihkan dari : Tunggul, Kayu, Akar-akaran dan tanah humus disingkirkan diluar badan jalan.
b.      Badan jalan yang telah bersih kemudian dibuat cembung ( tinggi ditengah ) untuk mencegah genangan air ditengah badan jalan.
c.       Sisi kanan kiri badan jalan dibuat saluran / parit air menggunakan pisau / blade dozer yang dimiringkan, sehingga memungkinkan air mengalir dengan lancar disepanjang saluran / parit badan jalan.

  
DSC00776.JPG

Bentuk memanjang dari badan jalan harus rata, artinya bila terdapat bukit – bukit kecil dengan jarak cukup pendek ( 30 meter ) dengan ketinggian tidak lebih dari 1 meter, maka bukit – bukit kecil tersebut harus diratakan. Kelandaian tanjakan pada bukit atau gunung harus tidak lebih dari 15 %, artinya nilai beda tinggi puncak bukit dengan lembah bukit dibagi dengan jarak horizontal ( jarak datar ) adalah : maksimum 15 %. Bila pembuatan jalan di daerah bergelombang/bukit, maka untuk menjaga kelandaian jalan, jalan dibuat mengikuti countur. Spesifikasi ukuran lebar badan jalan dozer untuk pekerjaan ini adalah sebagai berikut
a.       Lebar jalan Poros               : 12 meter
b.      Lebar jalan transport           :   8 meter
c.       Lebar jalan Collection         :   7 meter     


 
MEMBUAT JALAN
CR DAN MR DI AREAL RAWA / GAMBUT
Tidak sedikit areal rawa dan gambut di Kalimantan, dalam kondisi areal jalan yang terhalang oleh rawa dapat dilakukan penimbunan areal tersebut sehingga menjadi jalan timbunan. Jalan Timbun adalah jalan yang dibangun diatas lokasi tanah lembek, tanah rawa atau tanah gambut yang hanya mampu dikerjakan dengan alat excavator (back hoe) dan sejenisnya. Material tanah timbun untuk badan jalan dipergunakan material hasil galian kanan kiri (pinggir) badan jalan. Penggalian tanah timbun dengan alat excavator (sejenisnya) dilakukan sedemikian rupa sehingga didapatkan kadar tanah asli (tanah clay) untuk dasar badan jalan. Bila lokai pekerjaan adalah rawa dalam/gambut yang tidak ada clay, maka material timbunan tidak boleh ada potongan kayu yang dalam  posisi tegak. Tanah timbun badan jalan dipadatkan secara merata dengan roda dan bucket excavator permukaan badan jalan bebas dari kayu yang bermunculan.
Penimbunan badan jalan dilakukan sedemikian rupa sehingga badan jalan berbentuk cembung dan rata (tinggi ditengah) dengan kemiringan 2% padat yang memungkinkan air mengalir kesamping (kesaluran), pada kondisi kering maka badan jalan dapat dilewati dengan kendaraan roda empat. Untuk jalan batas HGU posisi parit galian sebaiknya dibuat sebelah yaitu sebelah luar (berbatas dengan HGU). Bila lokasi masih memungkinkan maka parit galian tanah boleh dibuat pada kedua sisi badan jalan. Ukuran parit galian untuk material timbun tergantung kebutuhan material untuk timbunan badan jalan, yang penting parit dibuat rapi dan memungkinkan air mengalir dengan baik pada parit tersebut.
sebelum dilakukan penimbunan badan jalan maka bila ada kayu yang malang melintang dijalur jalan, harus terlebih dahulu dirapikan dengan posisi melintang pada rencana jalur jalan sebagai pondasinya.

1 komentar:

  1. Info truk hino kalimantan selatan call,sms, wa 0812-5003-9091....kami siapp support untuk Kebutuhan armada anda..hubungi kami

    BalasHapus